Sambutan Kepala PSBA UGM

Segala Puja dan Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang dengan rahmat-Nya telah mengantarkan Institusi ini (Pusat Studi Bencana – PSBA UGM) menjadi sebuah Institusi yang semakin eksis menghadapi tantangan dalam mengembangkan studi kebencanaan di Indonesia mengingat bahwa semua wilayah Indonesia sebagian besar mempunyai potensi ancaman bencana yang tinggi. Potensi ancaman bencana itu meliputi bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial.

Latar belakang didirikannya PSBA UGM adalah sebab kondisi geografis, geologis, dan iklim sebagian besar wilayah Indonesia yang rentan terhadap berbagai bencana alam seperti: tanah longsor, banjir, kekeringan, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, hujan badai tropis, kebakaran hutan / lahan, serta bencana sebagai dampak atas perilaku manusia. Latar belakang lainnya adalah terus meningkatnya kerugian kehidupan manusia dan kekayaan materi akibat bencana dari tahun ke tahun. Pusat Studi Bencana-UGM telah banyak melakukan kegiatan penelitian, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan bencana. Hal ini sejalan dengan misi Universitas Gadjah Mada yang berupaya mengembangkan program dan kegiatan untuk menjadi universitas riset dengan orientasi pada kesejahteraan dan keamanan masyarakat.

Kini PSBA UGM siap melangkah bersama dengan semangat baru yang diwarnai  dengan inovasi, integritas, optimisme serta komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Indonesia terutama dalam penanganan bencana yang secara cepat, tepat dan akurat, sehingga mengurangi penderitaan masyarakat terpapar bencana dan juga dalam kegiatan perencanaan pembangunan yang berbasis mitigasi bencana. Kami akan melangkah sesuai dengan visi dan misi kami yaitu: Menjadi Pusat Studi bidang kebencanaan yang berorientasi pada manajemen bencana untuk kesejahteraan masyarakat, serta Berperan dalam mendukung kesinambungan pembangunan nasional dengan memberikan dukungan pemikiran dalam berbagai segi penanggulangan bencana (disaster management) penelitian kebencanaan dilakukan dengan pendekatan multidisiplin.

 

Yopgyakarta, 2014

Kepala PSBA UGM

Dr.Rer.Nat Djati Mardiatno, M.Si